F.A.Q Jawara Mobile

Tips terkait dengan Password dan MPIN :

  • Rahasiakan data pribadi berupa password dan MPIN JAWARA Mobile kepada pihak lain termasuk kepada petugas Bank.
  • Ganti PIN/Password JAWARA Mobile secara berkala

CATATAN :

  • Segala aktivitas mulai dari pendaftaran dan penggunaan Jawara Mobile adalah tanggung jawab Nasabah
  • Apabila ada kendala silakan hubungi Kantor Cabang terdekat atau Call Center di 1500410
  • Akun Jawara Mobile akan terblokir jika salah PASSWORD dan PIN sebanyak 3X
Apa itu JAWARA Mobile?

JAWARA Mobile adalah merupakan layanan produk digital Mobile Banking Bank Banten yang dapat diakses Nasabah Bank Banten melalui smartphone.

Berapa biaya menggunakan JAWARA Mobile?

Bank tidak membebani biaya untuk instalasi JAWARA Mobile, dapat diunduh secara GRATIS dari PlayStore maupun AppStore.

Apakah Saya bisa menggunakan JAWARA Mobile di tablet saya?

Anda bisa menggunakan JAWARA Mobile di tablet Apple dan Android. Unduh aplikasi JAWARA Mobile di AppStore dan Google PlayStore untuk menikmati layanan Mobile Banking terbaik. 

Bagaimana Saya mendapatkan pembaruan fitur Jawara Mobile versi terbaru?

Jawara Mobile secara default akan melakukan update otomatis dan menggantikan versi lama ke versi terbaru & mendapatkan pembaruan fitur. Aktifkan fitur auto update aplikasi di ponsel Anda.

Siapa saja yang dapat menggunakan QRIS Issuer di Jawara Mobile?

Nasabah Bank Banten yang memiliki ponsel dengan kamera, konektivitas data, sudah registrasi Jawara Mobile, dapat menggunakan Jawara Mobile sebagai alat pembayaran elektronik yang dapat melakukan pembayaran melalui QRIS.

Bagaimana saya mengetahui apakah QRIS aman untuk di-scan?

Saat mengunduh aplikasi pembayaran QRIS, konsumen hanya boleh menggunakan aplikasi PJSP yang authorized seperti Jawara Mobile. Setelah memindai QRIS, konsumen harus memeriksa bahwa nama merchant yang ditampilkan pada aplikasi pembayaran mereka cocok dengan nama merchant yang ditampilkan di atas label QRIS. Setelah pembayaran berhasil, konsumen akan segera menerima notifikasi pembayaran. Demikian pula, pedagang juga akan menerima notifikasi.

Dimana saya dapat menemukan merchant yang menerima pembayaran QRIS?

QRIS dapat ditemukan di merchant yang menerima pembayaran elektronik melalui QR Code. Pedagang yang menerima merchant melalui QRIS akan memiliki logo QRIS di toko/merchant mereka.

Kapan & bagaimana metode CPM digunakan?

Dapat digunakan pada beberapa penjual barang atau jasa yang memiliki device yang mendukung metode CPM, caranya adalah penjual akan scan QRIS yang ada di dalam aplikasi pembayaran milik pembeli. Kemudian saldo pembeli akan terpotong & pembayaran berhasil. Saat ini Bank Banten masih proses perijinan untuk fitur QRIS MPM, fitur QRIS CPM saat ini menunggu pengembangan berikutnya.

Apa yang harus dilakukan bila Mobile Banking terblokir?

Nasabah dapat menghubungi Call Center atau Customer Service Bank Banten untuk dapat dilakukan reset layanan Mobile Banking.

  • Setelah reset Nasabah dapat log in kembali menggunakan user id dan password yang telah terdaftar sebelumnya.
  • Jika nasabah lupa password maka dapat melakukan daftar Mobile Banking kembali.
Saya meninggalkan perangkat selular dalam kondisi Aktif untuk sementara waktu, mengapa Saya diminta log in ulang?

Untuk alasan keamanan, sesi Jawara Mobile akan berakhir secara otomatis apabila Anda tidak melakukan aktivitas sama sekali selama 5 menit. Anda akan diminta untuk log in kembali ke Jawara Mobile. 

Apabila PIN ATM terblokir, apakah bisa bertransaksi di channel Mobile Banking?

Tidak bisa, harap dilakukan pembukaan blokir kartu ATM lebih dahulu di Kantor Cabang Bank Banten untuk dapat bertransaksi kembali di channel Mobile Banking

Bagaimana jika Saya lupa password / lupa PIN JAWARA MOBILE?

Nasabah dapat mendatangi Customer Service Kantor Cabang Bank Banten terdekat atau call center Bank Banten untuk melakukan pembukaan blokir, setelah itu dapat melakukan registrasi kembali Mobile Banking melalui ATM Bank Banten atau melalui aplikasi Jawara Mobile.

Bagaimana jika smartphone yang terpasang JAWARA Mobile hilang?

Jika smartphone hilang, segera laporkan kepada layanan call center Bank Banten di nomor 1500410 (tersedia 24 jam) untuk dilakukan pemblokiran layanan mobile banking.

Apa yang terjadi setelah Saya melakukan Deactivate?

Deactivate adalah menu yang disediakan untuk mematikan layanan JAWARA Mobile. Sehingga semua layanan JAWARA Mobile tidak dapat digunakan lagi. Untuk mengaktifkan kembali layanan JAWARA Mobile maka perlu dilakukan proses registrasi ulang.

Bagaimana saya bisa mendapatkan JAWARA Mobile?

Aplikasi JAWARA Mobile dapat diunduh dari Google Playstore untuk smartphone berbasis Android dan App Store untuk smartphone berbasis iOS. 

Apa yang perlu diperhatikan Nasabah dalam mengunduh dan menggunakan Aplikasi JAWARA Mobile?
  • Download aplikasi JAWARA Mobile di Google Playstore/ Apps Store dengan Key “JAWARA Mobile”
  • Install aplikasi Mobile Banking di ponsel.
  • Pastikan device / ponsel yang digunakan minimal Android 7.0. dan minimal iOS 13.0
  • Registrasi Mobile Banking dapat dilakukan di ATM bank Banten, namun aktivasi layanan dilakukan di channel Mobile Banking.
  • Registrasi Mobile Banking Melalui ATM Bank Banten : Nasabah akan mendapatkan konfirmasi melalui struk ATM dan selanjutnya menerima notifikasi melalui SMS untuk user id dan kode aktivasi (kode aktivasi expired 15 menit). Jika kode aktivasi melebihi dari waktu yang telah ditentukan disarankan melakukan registrasi kembali agar bisa masuk ke tahap selanjutnya yaitu aktivasi Mobile Banking.
  • Registrasi Mobile Banking juga dapat dilakukan Melalui aplikasi Secara Online : dengan memasukan 16 digit nomor kartu ATM/Debit Bank Banten yang terupdate, nomor rekening, nomor ponsel yang terdaftar di core banking dan PIN ATM/Kartu Debit Bank Banten. Untuk OTP akan dikirimkan melalui SMS. 
  • Kemudian nasabah diminta untuk membuat password Mobile Banking Jawara Mobile minimal 8 karakter dengan alphanumeric kombinasi huruf besar dan kecil kemudian ditambahkan special karakter. 
  • Selanjutnya nasabah dapat membuat PIN Mobile Banking Jawara Mobile untuk melakukan transaksi di channel Mobile Banking Jawara Mobile.
  • Apabila sudah mendapat notifikasi aktivasi berhasil, maka nasabah dapat melakukan log in dengan mengisi password Mobile Banking Jawara Mobile yang dibuat sebelumnya.
Fitur apa saja yang disediakan oleh JAWARA Mobile?

JAWARA Mobile memberikan layanan perbankan secara online melalui smartphone diantaranya adalah: 

  • Fitur Transaksi Rekening: 

Dapat melihat Portofolio Tabungan (Saldo dan Mutasi)

Fitur Transfer Dana : 

  • Pindah Buku rekening sesama Bank Banten (overbooking)
  • Transfer Dana melalui fitur Transfer Online ke Rekening Bank Lainnya, 
  • Transfer Dana melalui Fitur Transfer SKN/LLG 
  • Fitur Transaksi Pembelian:
    • Pulsa HP (Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Axis, dan Smartfren), 
    • Paket Data HP (Telkomsel, XL, Axis dan Smartfren),
    • e-wallet (Ovo, Gopay,Dana,Link Aja dan Shopeepay) 
    • Token PLN
  • Fitur Transakasi Pembayaran:
    • HP Pascabayar (Telkomsel, Tri, XL dan Smartfren)
    • Telkom (Telkom Vision, Indovision, Yes TV, Top TV, OKE Vision, Transvision, MNC Vision)
    • PDAM
    • PBB
    • PLN
    • BPJS Kesehatan
    • Kartu Kredit (QNB Kesawan, Citibank, DBS, Danamon, Permata, Bukopin, Panin, MNC dan UOB)
    • TV Kabel (TelkomVision/Transvision, MNC Vision dan Kvision)
    • Pembayaran dengan pemindai QRIS (QRIS Issuer MPM)*

*dalam proses perijinan Bank Indonesia

  • Fitur Administrasi:
    • Ubah Password
    • Ubah PIN
  • Pengaturan
    • Biometric Log in
    • Pilih Bahasa 
  • Akun
    • Deactivate 
    • Keluar
  • Riwayat
    • Riwayat Transaksi, 
  • Favorite :
    • Transfrer
    • Pembelian
    • Pembayaran
  • Terjadwal
  • Penjadwalan Transaksi, 
  • Auto debet
  • Pesan Masuk
    • Pesan
    • Notifikasi
  • Fitur Informasi Lainnya yang terdapat di layar log in:
    • Jadwal Shalat, 
    • Informasi Lokasi ATM, 
    • Informasi Lokasi Cabang, dan Informasi Promo dan Produk; 
    • FAQ
Jawara Mobile memiliki fitur QRIS Issuer, apa perbedaan QRIS Acquiring & QRIS Issuer?

Acquirer adalah bank atau lembaga non-bank yang berfungsi menerima dana transaksi dari bank merchant. QRIS Acquirer merupakan QRIS yang melekat pada  merchant baik yang menggunakan QRIS Statis, Dinamis maupun QRIS CPM. Issuer adalah bank atau lembaga non-bank yang berfungsi mengirim dana transaksi ke acquirer. QRIS Issuer merupakan QRIS yang melekat pada  customer/pelanggan melalui aplikasi bank/non bank

Bagaimana cara melakukan pembayaran menggunakan QRIS Issuer di Jawara Mobile?

Nasabah dapat memilih dan mengunduh aplikasi Jawara Mobile, setelah terpasang, registrasi Jawara Mobile, selanjutnya Nasabah memastikan tersedianya saldo untuk melakukan transaksi. Melalui aplikasi, selanjutnya Nasabah melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, melakukan otorisasi transaksi dan kemudian melakukan konfirmasi pembayaran kepada penyedia barang atau jasa.

Apakah ada biaya tambahan dalam melakukan pembayaran menggunakan fitur pemindai QRIS di Jawara Mobile?

Tidak ada biaya tambahan

Apa perbedaan metode QRIS (issuer) MPM & CPM?

terletak pada proses atau metode saat melakukan pembayaran, pada metode MPM, pembeli yang akan scan QRIS milik penjual, sedangkan pada metode CPM, penjual yang akan scan QRIS milik pembeli yang terdapat pada aplikasi pembayaran milik pembeli.

Kenapa Saya tidak bisa melakukan daftar Mobile Banking?

Nasabah dapat memastikannya sebagai berikut :

  • Pastikan Kartu ATM status nya aktif dan sinkron dengan rekening yang aktif
  • Nomor ponsel yang didaftarkan Mobile Banking terdaftar di Bank Banten.
  • Tersedia pulsa pada nomor ponsel yang didaftarkan guna menerima kode aktivasi
  • Jika pada saat registrasi, Nasabah tidak mendapatkan kode aktivasi melalui SMS dapat menghubungi Call Center Bank Banten. Untuk dilaporkan ke unit terkait atas kendala Nasabah.
Apa yang harus dilakukan bila Transaksi Saya tidak sampai ke rekening tujuan namun dana sudah terdebet?

Apabila transaksi pembayaran atau pembelian biller dan transfer di Mobile Banking sukses, tetapi belum di terima di rekening tujuan transfer ataupun pulsa/paket data/tagihan belum berhasil. silakan Nasabah mengunjungi Cabang Bank Banten terdekat / Call Center untuk dibuatkan form pengaduan atas transaksi tersebut, proses penyelesaiannya untuk transaksi transfer Maximal 3 hari kerja dan untuk transaksi pembelian dan pembayaran Maximal 14 hari kerja

Jika saya melakukan penggantian kartu apakah harus install ulang JAWARA Mobile?

Jika Anda melakukan penggantian kartu (karena kartu hilang atau alasan lainnya), Anda dapat mengunjungi kantor cabang terdekat Bank Banten, dan Anda harus melakukan registrasi ulang Jawara Mobile.

Dapatkah Saya mengakses layanan JAWARA Mobile saat Saya berada di luar negeri?

Ya, Jawara Mobile Bank Banten bisa diakses di mana saja, selama terdapat koneksi internet pada perangkat selular Anda. Mohon perhatikan bahwa penggunaan internet melalui perangkat selular Anda di luar negeri dapat dikenai biaya layanan data internet. Hubungi operator telekomunikasi Anda untuk mengetahui biaya layanan data internet yang berlaku. 

Saya mengganti perangkat smartphone, apakah akun JAWARA Mobile tetap dapat digunakan?

Jika akan mengganti dengan perangkat lain, maka JAWARA Mobile di perangkat sebelumnya harus di “deactivate” terlebih dahulu. Proses Deactivate bisa dilakukan secara mandiri di aplikasi yang tercantum pada ponsel sebelumnya ataupun dengan menghubungi call center atau mengunjungi Kantor Cabang Terdekat.

Untuk limit transaksi di channel Mobile Banking apa mempengaruhi limit transaksi di channel ATM Bank Banten?

Untuk limit transaksi antara ATM dan Channel Mobile Banking berbeda dan tidak mempengaruhi limit transaksi di ATM Bank Banten.

Tips terkait dengan Password dan MPIN :

  • Rahasiakan data pribadi berupa password dan MPIN JAWARA Mobile kepada pihak lain termasuk kepada petugas Bank.
  • Ganti PIN/Password JAWARA Mobile secara berkala

CATATAN :

  • Segala aktivitas mulai dari pendaftaran dan penggunaan Jawara Mobile adalah tanggung jawab Nasabah
  • Apabila ada kendala silakan hubungi Kantor Cabang terdekat atau Call Center di 1500410
  • Akun Jawara Mobile akan terblokir jika salah PASSWORD dan PIN sebanyak 3X